Selasa, 23 Agustus 2016

POLRES BANJARBARU GELAR APEL BESAR BERSAMA DAN DEKLARASI PEDULI KARHUTLA KOTA BANJARBARU, RABU 24 AGUSTUS 2016

Humas Polres Banjarbaru – Kepolisian Resort Banjarbaru gelar Apel Besar Bersama dan Deklarasi Peduli Kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla ) Kota Banjarbaru di Lapangan Murdjani Banjarbaru. Rabu (24/8/2016) pukul 08.00 wita.


Pelaksanaan Apel yang di pimpin oleh Walikota Banjarbaru tersebut dihadiri Ketua DPRD Kota Banjarbaru,  Dandim 1006/MTP ( diwakili oleh Lettu Imanudin), Dan Yon 623/ BWU,  DanLanud Syamsudin Noor diwakili Kadisops Kapten Rudy Ernanto, Kasat Brimobda Kalsel, Kapolres Banjarbaru, Kepala Kejaksaan Negeri Banjarbaru, Ketua Pengadilan Negeri Banjarbaru, FKPD Kota Banjarbaru,  Kepala BASARNAS,  Kepala Balai KSDA Kalsel, Kepala BPBD Kota Banjarbaru, Kepala BPBD Kab.Banjar, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarbaru, Kepala Diknas Kota Banjarbaru, Kepala Dinsoskertrans Kota Banjarbaru, Ketua TRC PT.PLN (Persero), Ketua RAPI Pengurus Banjarbaru, Ketua Orari/ Senkom Kota Banjarbaru,  Waka Polres Banjarbaru beserta para pejabat utama Polres Banjarbaru, Para Kapolsek jajaran Polres Banjarbaru. Peserta Apel Besar Bersama Karhutla terdiri dari  1 sst Kodim 1006 Mtp, 1 sst Yonif 623 BWU, 1 sst TNI AU Lanud Syamsudinnor,  1 pleton Sat Brimobda Kalsel lengkap alat gendong solo dan gepyok, 1 pleton Sat Sabhara Polres Banjarbaru lengkap alat gendong solo, 1 pleton Sat Lantas Polres Banjarbaru,  1 pleton Gab. Bhabinkamtibmas lengkap alat gepyok, 1 pleton Gab. Staf Polres Banjarbaru,  1 pleton Gab. Rekrim-Intelkam, 1 pleton Satpol PP Kota Banjarbaru,  1 pleton Basarnas Banjarmasin, 1 pleton Damkar Kota Banjarbaru, 1 pleton BKSDA Kalsel,  1 pleton manggala AGNI, 1 pleton Gab. Senkom/ Orari se-kota Banjarbaru, 1 pleton PMI Kota Banjarbaru, 1 pleton Gab. BPK se-kota Banjarbaru lengkap beberapa peralatan Damkar,  1 pleton SMAN 2 Banjarbaru serta  1 pleton SMK Telkom Banjarbaru.


Ranmor Sarpras Penanggulangan Karhutla yang tergelar, antara lain  2 unit AWC Brimobda Kalsel Satgas Pemburu Api, 1 unit DC Tandon Kodim 1006/MTP, 2 unit DC Tandon Sat Brimobda Kalsel, 1 unit Truck Polres Banjarbaru, 1 unit UPTD Damkar Pemko Banjarbaru,  2 unit DC Tandon Polres Banjarbaru,  2 unit DC BKSDA Kalsel, 2 unit Hyundai Microbus Manggala Agni,  3 unit ambulance Dinkes Kota Banjarbaru, 1 unit ambulance PT.PLN (Persero),  1 unit ambulance PMI Banjarbaru,  3 unit ranmor satgas pemburu api Sat Sabhara Polres Banjarbaru lengkap dengan gerigen tandon air pada bahu kanan kiri ranmor, serta 4 unit ranmor patroli Sat Lantas Polres Banjarbaru


Dalam amanatnya Walikota Banjarbaru mengatakan Pada musim kemarau tahun lalu berdasarkan data dari Korem 101 Antasari pada rapat koordinasi terpadu luas areal gambut yang terbakar di wilayah Kalimantan Selatan sebanyak 12.977 hektar,  dari jumlah tersebut di Kota Banjarbaru menurut data Polres Banjarbaru ada 593 hektar yang tersebar di 3 Kecamatan Landasan Ulin Liang Anggang dan Cempaka sekitar 177 hektar di Kelurahan Guntung Payung dan Kelurahan Syamsudin Noor 166 hektar Kelurahan Landasan Ulin Selatan dan landasan ulin barat dan 250 hektar di Kelurahan Cempaka. 


Apel bersama yang kita laksanakan pada pagi ini merupakan bukti komitmen kita untuk melakukan langkah mitigasi terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan di Kota Banjarbaru. Karena kebakaran hutan dan lahan memiliki dampak negatif yang cukup besar, seperti berkurangnya nilai ekonomi hutan dan produktivitas tanah, serta menurunkan keanekaragaman hayati dan ekosistem. Selain itu asap yang ditimbulkan juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan, transportasi, sektor pendidikan hingga dapat melumpuhkan roda perekonomian. Walikota mengapresiasi kesigapan rekan-rekan dari Polres,  Koramil, BPBD Kota Banjarbaru, Bhabinkamtibmas, Camat Dan Lurah, BPK, serta Komunitas Peduli Api, yang selalu memonitor, mengevaluasi penanganan kebakaran lahan, serta selalu sigap dalam memadamkan api, serta kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kota Banjarbaru dapat ditangani dengan baik. Dalam kesempatan ini Kapolres Banjarbaru menyerahkan Maklumat Kapolda kepada Walikota Banjarbaru serta alat pemadam kebakaran berupa alkon kepada perwakilan Kapolsek. Kepada seluruh elemen masyarakat untuk tidak membuka hutan dan lahan dengan cara dibakar. Mari kita bersama - sama untuk mencegah Kebakaran hutan dan Lahan di Kota Banjarbaru. " Ucap Kapolres. Dan diakhir pelaksanaan Apel dilanjutkan dengan penandatangan Deklarasi Masyarakat Peduli Kebakaran Hutan dan Lahan (KARHUTLA).


 
 

 
 
 
 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar